MANAQIB SINGKAT KYAI SAHLAN MANYAR

Menyambut Haul Kyai Sahlan ke 52 
20 Februari 2020
Kyai Sahlan lahir sekitaran tahun 1901 M /1319 H di leran manyar Gresik. 
Ayahandanya bernama sholech bin husain bin seno bin jomi bin jim. 
Bila dirunut ke atas beliau adalah salah satu keturunan Kanjeng Sunan Giri, Sunan Dalem Sunan Perapen, Panembahan Pawis Guo yang makamnya diarea makam sunan Perapen Giri Gresik. 

Ibunya bernama muslihah binti umu kulstum binti aslam bin abu bakar bin umar yang kalau dirunut keatas nasab beliau sampai pada Abdulloh al khotib.
Abdulloh al khotib adalah salah satu ulama' hadromaut,  Yaman Selatan, (menurut KH. Ali Hasan Ahmad) 

Kyai sahlan adalah pendiri langgar  yang di namai SAHLIYAH 
Sebuah musholla kecil dikampung Utara masjid jami' manyar,  yang kala itu sebagai sentra perjuangan beliau mengajar alqur'an dan ngaji feqih dimanyar komplek. 

Sejak usia sekitar umur 18 tahun kyai sahlan muda sudah mengajar ngaji dan berdakwah di wilayah manyar untuk mengajak masyarakat berbuat baik ( amar ma'ruf)  beribadah sesuai ajaran islam  ahlussunnah wal jamaah,

Metode dakwah kyai sahlan kala itu beliau mengedepankan   sopan santun,  totokromo, ahlaqul karimah, 
dan kyai sahlan tidak menggunakan kekerasan dalam dakwahnya,  bukan karna beliau takut /  dan tegas,  melainkan karna kyai sahlan berpendapat bahwa Masyarakat pada saat itu melakukan suatu kemaksiatan karna sesungguhnya mereka tidak tau dan belum mendapatkan hidayah alloh SWT. 

Beliau membimbing masyarat yang kala itu sebagian besar dikatakan abangan,  ( mereka islam tapi tidak menjalankan kewajibannya sebagai muslim)  membimbing dengan kasih sayang dan penuh kesabaran,  beliau tak henti selalu berdoa agar masyarakat manyar kala itu mendapatkan hidayah alloh SWT,  
Beliau juga sempat merubah kebiasaan buruk warga manyar ketika acara sedekah bumi menjadi ajang mo limo diganti menjadi acara manaqib syech abdul qodir al jailani RA yang dilaksanakan setiap tahun di masjid jami' manyar Pagi hari. 

Keunikan di pakaian kyai sahlan adalah udeng beliau,  (sejenis imamah yang dipakai di kepala),, Beliau menggunakan udeng jowo batik sebagai ciri khas beliau, kalau dipakai seperti blangkon. 

Disela-sela dakwah,  beliau juga tetap berdagang untuk memenuhi kebutuhan keluarga,  beliau pernah berdagang barang perkakas masak dari tanah liat,  seperti dandang, kemaron , kendi,  sapu dan lain2 beliau juga menggembala kambing dan bebek,  disamping itu beliau juga menjadi naip desa dan juga calak (tukang khitan) 

Ditengah kesibukan beliau berdakwah,  tepatnya Oktober 1945, Kyai Hasyim Asy'ari mengeluarkan fatwa untuk berjihad mempertahankan NKRI dari penjajah Belanda, yang terkenal dengan resolusi jihad, 
Warga nahdlotul ulama' pun menyambut dengan semangat Untuk berjihad dengan mendirikan lasykar hizbulloh yang dikomandani oleh kh wahab hasbullah, dan kyai sahlan memimpin lasykar hizbulloh diwilayah manyar, beliau tak hentinya mengobarkan semangat jihad dikalangan lasykar hizbulloh. 
Sehingga tahun 1948  beliau sempat akan ditangkap oleh pasukan NICA,  
tetapi beliau mengungsi ke Tuban, tepatnya di daerah nguruan kecamatan soko kabupaten Tuban, bersama anak-anak dan istri beliau. 
Dalam masa pengungsiannya beliau diuji oleh alloh SWT, dengan meninggalnya putra beliau yang bernama Muhammad Rozi karna terkena wabah (pagebluk). 
Kyai sahlan mempunyai sebelas putra dan Putri dari istri beliau "nyai zainah" yang dinikahinya tahun 1920 . 
Nyai Zainah binti Kyai Rozi bin Maryam bin Rosiyah binti harun bin qomarudin sampurnan bungah Gresik,  Tapi putra Putri beliau meninggal pada waktu kecil dan joko ( durung rabi) Kecuali KYAI AHMAD ZAHID, 
KYAI ABDUL WAHHAB ,DAN KH. MUHAMMAD IDRIS. yang meneruskan perjuangan kyai sahlan. 

PUTRA PUTRI KYAI SAHLAN

1.Achmad zahid, 
2.abdul wahhab, 
3.amin, 
4.zarkasi, 
5.dimyathi, 
6.jabar, 
7.jabir, 
8.Muhammad idris, 
10.zakariya, 
11.maryam, 
12.Ahmad rozi, 

KAROMAH KYAI SAHLAN
Sekitar tahun......  Sebelum banjir
Besar datang,  Kyai Sahlan memborong bambu, setiap ada orang yang jualan bambu keliling beliau beli, dan pada waktu para santri beliau beliau merasa heran ???

"Yai lan iki tuku ori akeh iki digawe opo?  Para santri dan sahabat2 beliau tidak berani bertanya kepada beliau,  
dalam posisi masih penasaran  para santri  malah disuruh untuk merakit bambu tersebut menjadi rakit(gethek) .
selang beberapa hari setelah pembuatan rakit tersebut ternyata banjir besar datang dan gethek tersebut sebagai alat transportasi beliau dari rumah ke masjid untuk mengimami jamaah sholat 5 waktu. (Sumber dari salah satu santri beliau) 
Subhanalloh. 
Dan masih banyak lagi keramat beliau yang disaksikan para santri langgar dan para sahabat2 beliau. 

WAFATNYA KYAI SAHLAN
Pada malam selasa pon malam 20 dibulan jumadil akhir 1389 H Bertepatan dengan tanggal 2 september 1969 M, dimalam itu setelah jamaah maghrib beliau langsung turun dan pulang ke ndalem beliau,  tentu saja membuat para santri dan sahabat-sahabat beliau keheranan karna tidak biasa yai sahlan pulang setelah jamaah maghrib, 
karna biasanya beliau nyambung sampai sholat isya',  ketika beliau sampai rumah, 
nyai zainah istri beliau juga keheranan dan bertanya "Dengaren njenengan kok mantuk awal? (Kok tidak biasa pulang lebih awal)  beliau Kyai Sahlan langsung menjawab
 كل نفس ذائقةالموت
Kemudian beliau mandi dan berganti sarung putih seraya minta untuk memanggil putra2 beliau,  Dan minta untuk berbaring menghadap kiblat disitu beliau sempat membaca Surat al ikhlas 100 kali kemudian para putra2 beliau sahabat serta santri-santri beliau membacakan surat yaa sin
Dan sekitar jam 19.30 wib beliau dipanggil oleh Alloh SWT. 
Beliau disholati di masjid jami' manyar, dengan sholat jenazah sampai beberapa kali karna saking banyaknya para pelayat, diantara yang mengimami sholat jenazah adalah Kyai Sholeh Tsalist sampurnan bungah dan Kyai Ustman Al Ishaqi sawah pulo Surabaya, jenazah kyai sahlan kemudian dimakamkan di makam islam manyar komplek.
Dalam kesaksian beberapa sumber waktu pemberangkatan jenazah ke maqbaroh bahwa jenazah beliau terlihat seperti melayang. 
wallohu a'lam 

إنالله وإنا إليه راجعون"
اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه واكرم نزله ووسع مدخله واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الذنوب والخطايا كما ينقى الثوب الابيض من الدنس، اللهم جازه بحسناته إحسانا وبسيئاته عفوا وغفرانا وعامله بما أنت أهل له واجعل قبره روضة من رياض الجنة،يارب العالمين

Semoga kita, keluarga kita
Anak cucu kita senantiasa mendapatkan keberkahan dari para orang2 sholech

Bila dalam penulisan dan sejarah singkat kyai sahlan  ada banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam susunan kalimat / penulisan dan lain-lain kami mohon maaf. 

Berharap semoga manaqib singkat ini bisa menambah wawasan kita ,menambah Cinta kita terhadap para pendahulu kita, menghargai serta menteladani perjuangan para sholihin terdahulu, 
khususnya di manyar komplek ini,,

Nb:
Manaqib ini saya susun berdasarkan penuturan dari beberapa sumber , 
baik dari keluarga dekat maupun dari beberapa santri dan sahabat2 kyai sahlan. 

Nb 
Menerima kritikan dan masukan 
Dari para pembaca manaqib ini. 

Ishomul yaqin idris

LESBUMI NU MANYAR GRESIK
(lembaga seniman budayawan muslimin Indonesia)

Post a Comment

1 Comments

  1. Ngapunten niku insyaallah wonten 11 putra putri Kyai Sahlan

    ReplyDelete